Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Mengantuk Setelah Makan Siang, Kok Bisa?

Healthies, makan siang diperlukan demi menambah energi untuk aktivitas selanjutnya hingga jam kerja usai. Tapi, pernahkah Anda mengalami ngantuk setelah makan siang?

Idealnya makan siang pun harus memiliki aspek gizi seimbang yaitu berupa karbohidrat, sayuran, lauk-pauk dan buah-buahan. Tapi mungkin, secara tidak sadar Anda tidak mengonsumsi makanan gizi seimbang tersebut. Bisa saja nasinya kebanyakan dan lauknya sedikit atau mengonsumsi makanan jenis lainnya untuk santap siang.

Ternyata, merasakan kantuk setelah makan siang berbahaya karena mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Menurut Nova Setianie,S.Gz, dari Sub Koordinasi Gizi, Promkes dan PPSM Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, salah satu faktor yang membuat kita bisa mengantuk setelah makan siang adalah karena pengaruh hormon selama proses pencernaan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus. Saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti Serotonin dan Melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah Anda makan. Selain itu, ada pula faktor lainnya mengapa Anda merasa kantuk setelah makan siang, seperti;

 

Perubahan Aliran Darah di Otak

Setelah makan, aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Ketika hal tersebut terjadi, aliran darah pada otak akan sedikit berkurang dan menyebabkan Anda sering menguap dan mengantuk guna mencukupi kebutuhan oksigen di otak. Hal ini normal terjadi dan biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat. Meski demikian, teori ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

 

Kurang Tidur

Untuk mencegah ngantuk setelah makan, cobalah untuk mencukupi waktu tidur setiap malamnya setidaknya 7–9 jam. Kurangi atau hentikan kebiasaan begadang dan hindari stres

 

Kurang Olahraga

Jika Anda jarang berolahraga, tubuh akan mudah merasa lelah. Hal ini juga yang menjadi salah satu pemicu munculnya rasa kantuk setelah makan.

 

Gangguan Kesehatan

Masalah kesehatan tubuh juga menjadi faktor penting. Jika Anda menderita Diabetes, Anemia, Hipotiroidise, intoleransi makanan dan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea), ini menjadi faktor penting mengapa bisa mengantuk setelah makan siang.

 

Makanan dan Minuman yang Memicu Rasa Kantuk

Minuman energi yang memiliki kadar gula tinggi, ternyata tidak disarankan diminum sebelum makan siang atau ketika makan siang. Gula sebenarnya memberikan energi yang cepat pada tubuh, namun juga bisa habis dengan cepat sehingga membuat tubuh merasa lelah. Selain itu, mengantuk setelah makan siang juga berarti pertanda gula dalam tubuh sangat banyak. Hal ini karena kandungan Karbohidrat sederhana merangsang pelepasan insulin yang memfasilitasi masuknya triptofan ke otak, sehingga membuat kita semakin mengantuk.

 

Lalu, Bagaimana Agar Kita Tidak Mengantuk Selepas Makan Siang?

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yaitu karbohidrat, sayuran, lauk-pauk, buah-buahan dan air putih yang cukup. Makanan dengan gizi seimbang membuat kesehatan tubuh lebih terjaga. Karbohidrat memberikan glukosa yang membantu fungsi tubuh, namun dicerna dengan lebih lambat sehingga tidak menaikkan gula darah. Mengonsumsi makanan dengan zat besi seperti sayur bayam, diyakini dapat menambah hemoglobin untuk dapat menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh lebih banyak.

Selain itu, perbanyak olahraga setiap hari. Ketika di kantor, Anda bisa naik/turun satu lantai menggunakan tangga saja. Selain itu, jangan tidur larut malam, karena tubuh juga membutuhkan istirahat cukup 8 jam setiap hari.[prm/hms]


Sumber: Tim Gizi, Promkes dan PPSM Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta