blog-img-10

Keterangan : Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Posted by : Administrator

Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ramadan adalah bulan suci yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia. Ibadah ini dijalankan selama sebulan penuh. Di bulan puasa, setiap muslim tidak makan dan minum mulai dari waktu ibadah subuh hingga magrib  (Ayyub, 2008). Tidak hanya untuk menjalankan syariat Islam, ternyata puasa memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga melawan peradangan.

Puasa juga telah terbukti bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah hingga memelihara kesehatan mental (dr. Alvin Nursalim, 2023).  Studi yang dipublikasi oleh The Journal of Nutrition, peneliti menyimpulkan berpuasa secara berselang-seling akan membantu mengontrol kadar insulin, dibandingkan orang yang menjalani diet rendah kalori.

Menurut studi yang diterbitkan oleh World Journal of Diabetes, para peneliti telah mengamati 10 orang dengan Diabetes Mellitus tipe 2, hasilnya orang yang menjalani ibadah puasa tersebut dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

Selain mengontrol kadar gula darah, lalu apa saja sih manfaat puasa di bulan suci Ramadan? Yuk, sobat sehat simak ulasannya.

  • Turunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Tingkat kolesterol yang tinggi bagi tubuh dapat memicu berbagai penyakit sehingga perlu dihindari. Berdasarkan studi yang dipublikasikan Jurnal Obesity, puasa selama delapan minggu dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol "jahat") hingga 25 persen dan kadar trigliserida hingga 32 persen.

Tidak hanya itu, studi lain American Journal of Cardiology telah menyebutkan bahwa yang dilakukan pada 4.629 orang, berpuasa dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini  mengindikasikan bahwa berpuasa itu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Menjadi Pembentuk Pola Makan Teratur

Berpuasa membentuk pola makan teratur, karena tubuh kita menjadi terbiasa mengikuti pola makan yang teratur dan membentuk pola makan yang baik untuk kesehatan fisik dan mental seseorang. Namun, alangkah baiknya jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, misalnya diabetes, tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berpuasa.

  • Dapat Melawan Peradangan

Peradangan akut merupakan proses kekebalan normal yang terjadi pada tubuh untuk membantu melawan infeksi. Namun, peradangan kronis bisa menimbulkan konsekuensi serius untuk kesehatan.  Sebuah penelitian yang mengamati 50 orang dewasa sehat menunjukkan, satu bulan berpuasa intermiten secara signifikan menekan tingkat penanda peradangan. 

Peradangan mungkin terlibat pada perkembangan kondisi yang kronis, misalnya kanker, penyakit jantung, serta rheumatoid arthritis. Beberapa penelitian lain menemukan bahwa berpuasa dapat membantu menurunkan level peradangan sekaligus membantu memperbaiki tingkat kesehatan.

  • Memacu Peningkatan Produksi Hormon Baik

Beberapa hormon di dalam tubuh manusia sangat berdampak terhadap penurunan berat badan, metabolisme, dan kekuatan otot.  Hormon pertumbuhan (human growth hormone/HGH) merupakan sejenis hormon protein penting untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa berpuasa secara alami bisa meningkatkan kadar hormon pertumbuhan tersebut.

Penelitian studi lainnya yang mengamati 11 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa berpuasa selama 24 jam secara signifikan memacu meningkatkan kadar HGH. Sementara itu, studi lainnya yang mengamati sembilan pria yang berpuasa selama dua hari dapat meningkatkan hingga lima kali lipat produksi HGH.

  • Mengurangi Tingkat Stres

Puasa memiliki manfaat pada sisi psikologis, puasa dapat mengubah pikiran menjadi tenang, damai, dan bahagia, mengurangi rasa takut dan agresif, puasa dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Manfaat puasa dari sisi psikologis lainnya, yakni puasa menumbuhkan rasa empati dan simpati, puasa mematangkan kecerdasan emosional, memberikan mood positif bagi yang menjalankannya.

Berpuasa di bulan Ramadan juga mendorong kita untuk menahan hawa nafsu lainnya sehingga menjadi lebih bersabar dan tenang. Semua itu adalah hal-hal positif yang dapat membantu kita dapat terhindar dari stres.

Nah, sobat sehat, ternyata banyak ya manfaat dari berpuasa bagi kesehatan tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa puasa harus dilakukan dengan benar dan sehat, dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan cukup di malam hari dan menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula dan lemak. 

Mari kita tetap menjaga kesehatan fisik dan mental secara optimal selama menjalankan ibadah ini. Semoga ibadah puasa sobat sehat lancar semua ya![RH]



Referensi:

Raza, A., & Khan, A. (2019). The effects of Ramadan fasting on the health and well-being of Muslims. Journal of Religion and Health, 58(4), 1183-1201.

Horne, B. D., Muhlestein, J. B., Anderson, J. L. (2015). Health effects of intermittent fasting: hormesis or harm? A systematic review. American Journal of Clinical Nutrition, 102(2), 464–470. doi: 10.3945/ajcn.115.109553

Diunduh dari: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/158/apa-saja-manfaat-berpuasa

Ayyub, M. H. S. (2008). Panduan beribadah khusus pria: Menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jakarta Timur: Penerbit Almahira

Alvin N. (2023). Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental. Diunduh dari https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/manfaat-puasa-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental

Izzatul Aqiilah Ikhda. 2020. Puasa yang Menakjubkan (Studi Fenomenologis Pengalaman Individu yang Menjalankan Puasa Daud). Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati : Volume 9 Nomor 2.  Hal 85. Diunduh dari https://ejournal3.undip.ac.id.

Foto: unsplash.com

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap