Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Hai Ayah, Libatkan Diri Untuk Dukung Imunisasi Anak Ya!

Halo Sobat Sehat, Terutama Para Orang Tua!

Imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit menular berbahaya. Sejarah telah mencatat besarnya peranan vaksinasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari kesakitan, kecacatan bahkan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi  (PD3I). Vaksinasi dilaksanakan mulai dari Bayi 0 Bulan lho! Oleh karena itu, yuk para Orang Tua segera bawa anak kita untuk menerima imunisasi.

Berbicara tentang “keharusan” orang tua untuk bertanggung jawab atas kesehatan anak, mungkin di beberapa kelompok ada yang memandang bahwa seorang Ibu lah yang wajib bertanggung jawab atas kesehatan dan kecukupan gizi anak. Lho, emang benar ya?

Dilansir dari UNICEF Indonesia, salah satu penyebab cakupan imunisasi yang rendah di beberapa lokasi adalah karena penolakan para ayah terhadap vaksin bagi anak-anak mereka yang tentunya dengan berbagai alasan. Dalam sebuah penelitian, 50% responden menyatakan keputusan untuk mendapatkan layanan imunisasi dipengaruhi oleh pasangan mereka dan hanya 27% yang memutuskan sendiri.

Hai ayah! Wajib diingat bawa keterlibatan seorang Ayah dalam pemberian imunisasi akan meningkatkan kepercayaan diri keluarga untuk memenuhi hak anak untuk tumbuh sehat. Ayah sebagai kepala keluarga yang baik, wajib memastikan anaknya mendapatkan imunisasi sesuai jadwal. Sekaligus melindungi masyarakat dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Jika Ayah masih ragu mengenai imunisasi, ada lima cara menurut Unicef Indonesia agar mau mendukung upaya pemberian imunisasi anak;

 

- Carilah Informasi Tentang Imunisasi

Ayah sudah punya gadget atau smartphone keren kan? Yuk bisa searching informasi seputar imunisasi anak yang tentunya sangat amat akurat melalui Kementerian kesehatan RI, WHO, Unicef dan jika di Jakarta bisa cek melalui Instagram resmi @dinkesdki. Perlu diketahui, bahwa bayi sedari lahir dalam waktu 24 jam, sudah harus diberikan Imunisasi Hepatitis B. Artinya, Ayah dan Bunda sudah bisa mencari informasi imunisasi sejak calon bayi masih dalam kandungan ya, kalau bisa sebelum merencanakan kehamilan. Biar lebih paham!

 

- Pahami dan Ingat Kalender Imunisasi

Mungkin Ayah sibuk bekerja setiap harinya. Tapi, Ayah bisa menyimpan jadwal imunisasi melalui pengingat di ponselnya bukan? Nah, kalender imunisasi si kecil bisa dilihat melalui buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Jika nantinya terjadi keterlambatan, Ayah atau Bunda bisa menghubungi Posyandu atau Puskesmas terdekat, sehingga langsung dibuatkan jadwal untuk imunisasi. Jadi, Ayah dan Bunda jangan lupa ya untuk saling mengingatkan.

 

- Bangun Kepercayaan Diri, Ambil Inisiatif, dan Sampaikan Dukungan Terhadap Imunisasi

Seorang Ayah sejatinya selalu memberi dukungan untuk keluarganya, yaitu ibu dan anak, apalagi dalam hal imunisasi. Berikan pemahaman dan motivasi kepada keluarga bahwa imunisasi penting untuk kesehatan sang buah hati. Kata-kata yang memotivasi dapat membantu menghilangkan keraguan yang mungkin dirasakan pasangan. Sebagai ayah yang bertanggung jawab, Anda juga harus memantau proses imunisasi anak dan memastikannya mendapatkan status imunisasi lengkap.

 

- Antar Si Buah Hati Untuk Diberikan Imunisasi

Dukungan yang penting bagi ibu dan anak adalah dengan hadirnya Ayah ketika pemberian imunisasi. Hadirnya sang Ayah, setidaknya mengurangi beban Ibu dan memberikan dukungan. Bagi Ayah yang menyempatkan hadir pada saat pemberian imunisasi, juga berkesempatan untuk mendapatkan informasi mengenai imunisasi dan berdiskusi langsung dengan tenaga kesehatannya. Ayah dan Bunda juga harus tahu hal apa saja yang perlu diantisipasi ketika pemberian imunisasi mendatang, apakah akan terjadi demam, ruam dll. Ayah jangan ragu untuk bertanya mengenai perkembangan imunisasi sang buah hati ya!

 

- Dukung Imunisasi di Lingkungan Sekitar Melalui Diskusi Dengan Sesama Orang Tua

Jika Ayah sedang nimbrung dengan teman-temannya, yuk bantu menyebarkan informasi yang tepat seputar imunisasi ke Ayah lainnya. Kita bantu orang tua lain untuk mendapatkan informasi imunisasi yang tepat. Anda sebagai Ayah bisa memastikan keluarga maupun lingkungan sekitar Anda untuk bebas dari penyakit yang bisa dicegah melalui Imunisasi.

Sebarkan informasi yang tepat seputar imunisasi kepada orang tua lain dan bantulah keluarga-keluarga mendapatkan perlindungan optimal dari imunisasi lengkap. Bersama, kita bisa pastikan keluarga dan komunitas Anda bebas dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Source by: UNICEF Indonesia