blog-img-10

Keterangan : Sambut Pekan Imunisasi Sedunia 2023, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Bersama Dengan PT. Kalventis dan Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI Memberikan Vaksin Influenza Kepada Lebih dari 600 Tenaga Kesehatan 

Posted by : Administrator

Sambut Pekan Imunisasi Sedunia 2023, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Bersama Dengan PT. Kalventis dan Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI Memberikan Vaksin Influenza Kepada Lebih dari 600 Tenaga Kesehatan 

Jakarta, 11 Mei 2023 - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersama PT. Kalventis Sinergi Farma dan Satgas Imunisasi Dewasa Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) memberikan dukungan Vaksin Influenza kepada lebih dari 600 Tenaga Kesehatan pada Kamis (11/5), yang diselenggarakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan dalam rangka Pekan Imunisasi Sedunia (PID) 2023. 

Kolaborasi ini menjadi salah satu langkah dalam menjaga dan melindungi orang-orang yang berisiko tinggi, dalam hal ini tenaga kesehatan yang berinteraksi langsung dengan pasien. Vaksinasi Influenza ini penting sebagai tindakan pencegahan utama untuk mengurangi kasus kematian dan rawat inap yang disebabkan oleh Virus Influenza. 

Sesuai dengan rekomendasi dari Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI dan PERKENI, pemberian Vaksin Influenza sekali setiap tahun sangat direkomendasikan bagi orang dewasa pada umumnya, terutama kelompok orang beresiko tinggi, misalnya pasien dengan penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, HIV/AIDS, asma, penyakit jantung, penyakit paru-paru, ibu hamil, lansia diatas 65 tahun, pelaku perjalanan luar negeri, dan juga para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan di bidang layanan kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi semua pihak yang telah ikut berperan aktif dalam mendukung upaya pencegahan penyebaran penyakit menular dan melakukan edukasi pentingnya vaksinasi kepada masyarakat di DKI Jakarta. “Kita harus mampu bersama-sama mengenal risiko penularan virus Influenza sehingga tidak menjadi masalah bagi kesehatan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” ujar Ani Ruspitawati. 

Lebih lanjut, Ani menambahkan salah satu pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah melakukan upaya peningkatan pemahaman terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Selain itu, pencegahan terkait virus Influenza ini juga adalah pilihan yang sangat dianjurkan oleh para Ahli Penyakit Dalam yaitu dengan Imunisasi Influenza.

Pada kesempatan yang sama, Penasihat  Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, Samsuridjal Djauzi, menjelaskan bahwa Kasus Influenza berat setiap tahunnya dapat mencapai 5 juta kasus dan angka kematian hingga 650.000 kasus.  "Influenza bukan hanya sekedar batuk pilek biasa atau yang seringkali dikenal dengan common cold, gejala Influenza lebih berat dan dapat menyebabkan komplikasi serius pada sistem organ lainnya. Influenza dapat memicu serangan jantung dan stroke, dan memperburuk kondisi komorbid yang sudah ada seperti diabetes dan penyakit kronik lainnya,” tandasnya.

Presiden Direktur Kalventis, Ridwan Ong, menambahkan bahwa Kalventis melalui platform Kenapa Harus Vaksin juga akan melanjutkan inisiatifnya dalam mengedukasi pentingnya vaksinasi serta meningkatkan cakupan vaksinasi di Indonesia melalui media sosial, serta beragam kegiatan edukasi lainnya. 

“Ke depannya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga akan terus berkomitmen dan selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung pencegahan dan pengendalian penyakit menular baik akibat virus Influenza maupun virus lainnya. Perlindungan kesehatan melalui imunisasi, terutama bagi barisan terdepan di bidang kesehatan yaitu para tenaga kesehatan, merupakan suatu bagian dari tugas Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta,” tutup Plt. Kepala Dinas Kesehatan. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap