berita

CEGAH KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA DENGAN DETEKSI DINI MELALUI IVA DAN SADANIS

            Bulan Oktober  diperingati sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional ( Breast Cancer Awareness),dalam rangka memperingati hari tersebut, Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla bersama Ibu-Ibu Menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) menggandeng seluruh lembaga pemerintahan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara melalui penyelenggaraan Deteksi Dini Kanker Serviks di Bulan Oktober 2017 dengan tema: “Deteksi Dini,  Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara).

            Hasil Riskesdas tahun 2013 (terbaru) menempatkan DKI Jakarta di posisi ke-4 (bersama Bengkulu) sebagai provinsi dengan prevalensi tertinggi kanker di Indonesia, dengan angka 1,9 permil (setelah DIY 4,1 permil; Jawa Tengah 2,1 permil; dan Bali 2 permil). Sedangkan angka nasional prevalensi kanker di Indonesia adalah 1,4 permil.Seiring makin meningkatnya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia khususnya akibat kanker. Kegiatan Promosi, Pencegahan, dan deteksi dini terus kami tingkatkan  untuk mencegah angka kesakitan dan angka kematian akibat kanker yang semakin meningkat.

            Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mendukung pelaksanaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara dengan melakukan IVA test dan SADANIS ( Periksa Payudara Klinis) di Lingkungan Puskesmas, Kelurahan, Kecamatan, Kota, dan bekerjasama dengan Kementerian yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta.Sebanyak 12.000 wanita menjadi target pemeriksaan iva dan sadanis selama bulan oktober 2017. Kegiatan dilaksanakan di  39 tempat di Lembaga Kementerian sejak tanggal 2 Oktober 2017- 31 Oktober 2017. Hingga tanggal 4 Oktober 2017 ini, 1840 sudah dilakukan deteksi dini di 6 tempat antara lain, Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, KADIN Indonesia, Kementerian Perdagangan, RS. Ridwan Meuraksa Cilandak, dan Bhayangkari.

 

  Seksi Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan NaPza, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit 

  Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

-dokterladysirait-

 

 

 

 

Leave a Reply